Karinka

The Martenqis Lifestory

Halo!

Kenalkan! Nama saya Karin. Saya adalah seorang ibu dari seorang anak perempuan. Saya menikah dan hidup bahagia dengan separuh jiwa saya yang, sesuai takdir Allah, menghembuskan napas terakhirnya di tahun ke-10 pernikahan kami karena ia mengalami penyakit jantung (idiopathic cardiomyopathy) hampir selama sembilan tahun lamanya. Ketika suami saya berhenti dari pekerjaan kantornya karena sakit, kami berdua dengan semangat membangun usaha kreatif sejak 2010, yang dimulai dari hobi. Semangat dari dirinya selalu menemani saya hingga sampai kapan pun dan he will be in our hearts forever.

Saya selalu suka mengerjakan printilan kerajinan tangan sedari kecil. Saya suka menggunting dan menempel kertas dari majalah dan membuat kolase untuk kartu ucapan atau proyek lainnya. Setelah lulus dari universitas, saya bekerja sebagai desainer grafis di beberapa perusahaan multinasional. Seiring waktu, passion saya terhadap dunia kerajinanan tangan, khususnya scrapbooking mulai timbul kembali. Saya kembali menyalurkan hobi saya dengan membuat karya scrapbook dan menjualnya atau sekedar memberi hadiah kepada keluarga dan teman. Hal tersebut membuat saya diajak untuk bergabung di salah satu toko scrapbook terbesar di Indonesia sebagai tim desain dan pengajar scrapbooking.

Dengan support besar dari almarhum suami, saya pun mulai untuk mengembangkan bisnis rumahan saya secara serius, Kriya and Me. Karena kecintaan saya pada dunia seni, saya masih mengajar kelas kreatif untuk para pencinta craft dan membantu mereka untuk meningkatkan kreativitasnya.  Dunia kreatif akan selalu menjadi bagian dari hidup saya.

Sebelum pandemi COVID-19 berlangsung pada awal tahun 2020, saya mencoba peruntungan usaha kuliner dengan membuka warung makan jawa timuran (Warung Muti) serta katering rumahan (Kotak Dahar) yang pada akhirnya sangat membantu perekonomian keluarga di masa pandemi ini.

Hikmah dari pandemi pula adalah munculnya hobi lama yaitu menulis. Kali ini saya serius untuk mengeluti dunia menulis dengan mengikuti berbagai kelas online menulis serta latihan menulis setiap harinya. Walau masih penulis pemula tetapi semangat belajar saya sangat besar! Setelah mengikuti beberapa kelas menulis buku antologi, saya memberanikan diri untuk mengeluarkan sebuah karya buku solo pertama saya, Pesan Cinta. 

Rupanya dengan mulai menulis lagi, saya jadi punya wadah positif (dan menghasilkan!) untuk menyalurkan segala perasaan, isi hati dan pikiran. Terapi menulis ternyata membawa banyak manfaat untuk saya. Saya tuangkan semua dalam blog dan instagram saya serta menerbitkan buku antologi bersama penulis-penulis lainnya.

Sekarang saya pun aktif menggabungkan hobi seni dan menulis.  Dua hobi yang membawa saya tertarik pada bidang art therapy.  Perjalanan hidup, khususnya lima tahun terakhir, membuat saya menyadari dan merasakan banyak manfaat dari proses terapeutik saat melakukan kegiatan seni bagi kesehatan mental saya.  Sebagai art facilitator, saya ingin meningkatkan ilmu dan skill saya, maka saya pun mengikuti beberapa pelatihan di bidang therapeutic arts and expressive arts. Saya ingin berbagi ilmunya, khususnya kepada sesama ibu-ibu. Tak pernah ada kata terlambat untuk belajar dan tak pernah ragu untuk mencoba hal baru yang bisa membawa energi positif bagi diri saya.

Akibat ketertarikan pada dunia art therapy dan merasakan manfaatnya bagi diri sendiri, saya pun mulai menulis blog yang mengusung tentang kreativitas dan kesehatan mental, yaitu Merakit Diri. Tujuannya adalah untuk berbagi informasi mengenai eksplorasi diri, self-healing dan relaksasi diri. Tahun 2021, saya menyelesaikan beberapa pelatihan art therapy yang terakreditasi. Saya pun ingin memfasilitasi dan berbagi ilmunya melalui program sesi kreatif yang saya buat, yaitu Mind Art Exercise. Saya ingin turut mengedukasi dan mempromosikan pentingnya kesehatan mental melalui program kreatif.

Kelas kreatif lainnya adalah (Sanggar Seni Merakit Diri), di mana saya berkolaborasi dengan pegiat kreatif seni lainnya untuk membuat kelas menggambar, menulis, menari, memasak dan lainnya.

I really enjoy doing these activities!

“working hard for something we don’t care about is called stress, working hard for something we love is called passion”

Ini adalah satu satu quote favorit saya. Sangat menginspirasi saya untuk selalu bisa kreatif dan produktif sampai kapan pun. Seperti kata Steve Jobs, “the only way to do great work is to love what you do”.

Terima kasih atas support yang luar biasa. Sangat berarti bagi saya dan anak perempuan saya tersayang, Ainka.

Salam,
Karin (@kreasikarinka)

kreasikarinka-media
Liputan Media